Penyebab Penyakit Hipertensi Dan Pengobatannya

Penyakit hipertensi merupakan sebuah keadaan dimana tekanan darah menjadi tinggi. Cairan darah menekan arteri dengan kuat hingga akhirnya menyebabkan masalah kesehatan. Tekanan darah merupakan jumlah banyaknya darah yang dipompa menuju jantung dan jumlah darah yang melakukan resistensi terhadap aliran darah yang menuju arteri.

Jika semakin banyak darah yang menuju arteri maka arteri akan menyempit sehingga tekanan darah meningkat. Tekanan darah tinggi atau hipertensi kadang tidak dirasakan. Karena bisa saja selama bertahun tahun tak menimbulkan gejala. Tekanan darah yang tidak dikontrol akan menyebabkan penyakit serius semacam jantung dan stroke.

Penyebab Penyakit Hipertensi dan Pengobatannya

penyakit-hipertensi-pengobatannya

Penderita hipertensi tidak memiliki gejala yang nampak walaupun tekanan darahnya sudah tinggi yang bisa membahayakan kesehatan. Beberapa penderita mengalami sakit kepala yang parah dan bahkan bisa hingga mimisan.

Gejala seperti ini juga tak akan muncul hingga level hipertensinya sangat tinggi dan membahayakan nyawa. Secara umum gejala hipertensi tidak terlihat. Penderita akan nampak baik baik saja. Akan tetapi pada umumnya gejala awal hipertensi adalah sakit kepala, pendarahan dari hidung, pusing, wajah kemerahan dan mudah merasa kelelahan.

Hipertensi dibagi menjadi dua yaitu hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Hipertensi primer biasanya terjadi pada orang dewasa. Hal ini tidak terdapat penyebab dan identifikasi yang signifikan. Hipertensi primer cenderung berkembang dan bertahap selama bertahun tahun. tipe hipertensi ini sering disebut dengan hipertensi esensial.

Kedua adalah hipertensi sekunder. Hipertensi ini disebabkan adanya kondisi atau gangguan yang menyebabkan tekanan menjadi tinggi. Tekanan darah tinggi secara tiba tiba sehingga kadang kadang tekanan darahnya lebih tinggi dari hipertensi primer. Biasanya hal ini muncul akibat pengobatan ataupun kondisi seperti tumor adrenal gland, menggunakan obat-obatan tertentu semacam obat KB, flu, batuk dan lain lain. Menggunakan obat- obatan ilegal seperti kokain dan kelainan pembuluh darah sejak lahir.

BACA:  Penyakit Kulit Herpes Zoster dan Simplex

Penyakit hipertensi dan pengobatannya meliputi beberapa langkah. Pertama, adalah pemberian obat hipertensi. Biasanya menggunakan diuretika, Ca antagonis, ACE inhibitor, beta blocker. Kedua, dengan menggunakan obat alternatif yang diberikan dalam langkah satu hanya saja dosisnya ditambah dengan tambahan obat jenis kedua yaitu clonidin, vasodilator dan reserphin. Selanjutnya adalah penderita melakukan terapi yang dipantau oleh dokter. Obat-obatan tersebut juga harus terus dipantau dan teratur penggunanya.

Selain menggunakan obat-obatan medis terapi pada penderita hipertensi juga bisa menggunakan obat-obatan herbal. Biasanya tekanan darah tinggi disertai dengan berbagai macam penyakit bawaannya.

Seperti diabetes melitus, asam urat, rematik, jantung dan kolesterol. Jika penderita memiliki penyakit bawaan hipertensi makan obat herbal atau ramuan tradisional yang diberikan juga akan berbeda. Penyebab penyakit hipertensi ini juga disebabkan oleh alasan penyebab hipertensi yang juga berbeda beda.

Penyakit hipertensi yang sudah kombinasi bisa diterapi dengan menggunakan ramuan herbal dari salah satu diantara kombinasi sambiloto, sambung nyawa, komfrey, daun pegagan, daun dewa dan buah mahkota dewa, bawang putih, mimba serta selederi. Jika penderita mengalami diabetes, bisa menggunakan sambiloto, komfrey, tempuyung, gandarusa, brotowali, dan mahkota dewa.

Jika mengidap asam urat atau rematik bisa menggunakan tempuyung, sambiloto, gandarusa, sidaguri, brotowali dan mahkota dewa. Jika mengidap penyakit kolesterol sebaiknya menggunakan sambung nyawa atau mahkota dewa. Jika menderita ginjal maka menggunakan tapak liman, menikan, dan tempuyung. Jika penderita memiliki penyakit jantung maka menggunakan daun pegagan, sambiloto, mahkota dewa atau sembu. Bahan-bahan herbal itu bisa dipilih salah satu untuk dikonsumsi tiap hari.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. hoerul anwar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */