Penyebab Penyakit Jantung Koroner, Bocor dan Bawaan

Jantung adalah organ yang bisa dibilang nyawa bagi manusia pada umumnya. Dengan jantung darah dapat terpompa ke seluruh tubuh dan manusia dapat hidup dengan normal. Namun saat ini banyak sekali penyakit jantung baru yang bermunculan dan terus menggangu kehidupan manusia.

Penyakit jantung sebenarnya dapat diatasi dengan melakukan pengobatan sedini mungkin agar tidak terjadi kelainan yang lebih kroni yang sulit diobati. Sayangnya banyak pasien jantung yang memeriksakan kondisi jantung yang sudah kronis sehingga tim medis pun kewalahan mengatasinya.

Setelah mempelajari ciri ciri penyakit jantung dengan baik maka kita juga harus tahu penyebab penyakit jantung agar kita dapat lebih memahami cara penanganannya dan mungkin menghindarinya.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

penyebab-penyakit-jantung

Penyebab penyakit jantung koroner adalah karena penyumbatan pembuluh darah arteri koroner pada jantung dan pembuluh darah yang disebabkan oleh penumpukan plak pada dinding pembuluh darah atau pengerasan pembuluh darah.

Hal tersebut dapat terjadi karena kadar kolesterol dan lemak darah yang tinggi sehingga terus menerus membentuk plak pada dinding pembuluh darah. Selain itu tekanan darah tinggi juga dapat menimbulkan pengerasan pembuluh darah yang memicu penyempitan yang berujung serangan jantung koroner.

Jantung koroner dapat dihindari dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak tinggi dan menggantinya dengan banyak mengkonsumsi buah bahan dan sayuran agar menambah serat.

Erat bermanfaat untuk menyerap kolesterol sehingga mencegah terjadinya penimbunan lemak pada pembuluh darah. Mengkonsumsi cokelat juga dapat mengurangi kadar kolesterol darah dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Jangan lupa olahraga secara teratur agar metabolisme tubuh lebih lancar lagi. Makanan berlemak tinggi seperti daging kambing, kulit ayam bahkan jeroan harus dan wajib dihindari untuk mencegah semakin parahnya penyumbatan yang terjadi.

BACA:  Gejala Awal Penyakit Jantung Koroner, Bengkak dan Lemah

Jika anda menderita penyakit bawaan lain seperti tekanan darah tinggi maka mengontrol stres dan mengurangi asupan atrium akan membantu mencegah resiko tekanan darah tinggi. Bagi anda yang menderita diabetes melitus, melakukan kontrol gua sangatlah penting agar tidak terjadi permasalahan kesehatan yang berkelanjutan.

Penyebab Penyakit Jantung Bocor

Penyebab penyakit jantung bocor adalah karena faktor genetika ataupun akibat dari tekanan darah tinggi kronis. Pada faktor genetika jantung sejak lahir sudah membawa lubang pada ruang katup jantung. Lubang yang berukuran sangat kecil ini dapat melebar dan mengakibatkan kebocoran jantung.

Kasus jantung bocor harus segera ditangani agar lubang tidak semakin membesar dan beresiko terjadi peradangan yang merusak jantung. Tindakan operasi seperti angioplasti dapat dilakukan untuk menambal bagian berlubang pada jantung.

Penyebab Penyakit Jantung Bawaan

Selanjutnya adalah penyebab penyakit jantung bawaan yang tentu saja merupakan awan genetika atau keturunan. Penyakit ini bahkan sudah diketahui sejak bayi lahir dan beranjak dewasa melalui gejala-gejala yang muncul atau juga melalui pemeriksaan tertentu.

Kelainan detak jantung, struktur jantung bahkan mungkin pembuluh darah serta otot jantung dot diketahui semenjak dini melaui pemeriksaan lengkap yang dilakukan pada bayi anda. Jika terdapat gejala yang menunjukkan gejala penyakit jantung maka sebaiknya sesegera mungkin lakukan pemeriksaan.

Nah, sekarang anda lebih memahami tentang penyebab penyakit jantung yang sebenarnya dan bukan hanya mitos belaka. Jika anda memahami penyebabnya maka anda lebih berhati hati dalam menjaga kesehatan tubuh dan utamanya jantung anda.

Melakukan upaya pencegahan dengan pola makan dan gaya hidup sehat ditambah dengan pemeriksaan rutin dapat membantu pengobatan penyakit jantung. Hiduplah dengan sehat!

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →

BACA:  Penyebab dan Gejala Sakit Jantung Koroner dan Cara Mengatasinya




Artikel Pilihan:

Comments
  1. cream pemutih wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */