Penyebab Penyakit Kista Rahim Pada Wanita

Penyakit kista menjadi salah satu permasalahan yang mendera sebagian wanita. Kista merupakan benjolan isinya cairan menempel pada indung telur. Penyakit kista juga tergolong penyakit yang degenerative atau menurun, yaitu apabila ibu atau nenek anda menderita kista, anda adalah salah satu pembawa sifat penyakit kista.

Tetapi bukan berarti anda pasti mengalami penyakit kista. Gejala umum yang muncul pada penderita kista adalah cepat merasa kenyang, perut kembung, sering ingin buang air besar atau justru mengalami kesulitan buang air besar dan nyeri saat berhubungan. Penyebab penyakit kista terdiri dari berbagai hal yang akan diuraikan dibawah ini.

Penyebab Penyakit Kista Pada Wanita

Penyebab penyakit kista pada wanita salah satunya adalah karena terjadinya polusi udara atau debu. Dioksin dari asap pabrik maupun kendaraan bermotor menyebabkan turunnya daya tahan tubuh seseorang yang juga bisa memicu tumbuhnya kista. Makanan yang bersifat karsinogenik juga dapat memicu tumbuhnya kista yang dikarenakan residu makanan yang mencemari sel tubuh.

penyebab-penyakit-kista-pada-wanita

Disamping itu makanan yang mengandung lemak berlebih atau lemak tidak sehat dapat mengakibatkan zat lemak tidak dapat dipecah dalam proses metabolisme tubuh yang menyebabkan meningkatnya produksi hormon testosteron secara berlebih.

Lebih khusus akan dibahas mengenai penyebab penyakit kista pada wanita yang menyerang rahim atau ovarium. Kista rahim yaitu benjolan yang berbentuk seperti kantung kecil berisi cairan yang berkembang pada rahim seseorang.

Penyebab Penyakit Kista Rahim

Penyebab penyakit kista rahim diantaranya adalah kegagalan folikel (kantong telur) berovulasi. Dalam siklus reproduksi wanita, satu kantong telur dalam indung telur akan mengalami ovulasi pada setiap bulannya.

Folikel yang telah kehilangan sel telur secara normal akan mengalami degenerasi dan hilang diserap oleh tubuh. Namun terkadang saat folikel mengeluarkan indung telur mengalami kegagalan. Jika sering mengalami hal ini dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama, kantong telur yang gagal berovulasi dapat tumbuh menjadi kista.

BACA:  Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Gula Darah Basah dan Kering

Penyebab Penyakit Kista di Rahim

Lebih luas lagi penyebab penyakit kista di rahim dipengaruhi oleh beberapa factor. Pertama factor keturunan, jika nenek atau ibu pengidap penyakit kista, maka bibit kista juga dapat berkembang pada seorang wanita.

Kedua siklus menstruasi yang tidak teratur dan terjadinya ketidakseimbangan hormon. Ketiga disebabkan terjadinya peningkatan distribusi lemak pada bagian atas tubuh.

Penyebab kista rahim selanjutnya adalah terjadinya menstruasi pada usia muda yaitu 11 tahun kebawah. Orang ini akan rentan mengalami kista. Penyebab keempat adalah infertilitas, yaitu kegagalan untuk hamil pada pasangan suami istri setelah mengalami masa hubungan suami istri diatas satu tahun dengan intensitas 2-3 kali dalam seminggu tanpa alat kontrasepsi.

Penyebab lainnya adalah penggunaan kontrasepsi oral yaitu penundaan kehamilan dengan menggunakan pil KB guna mencegah produksi indung telur selama masa ovulasi. Penggunaan KB ini termasuk jenis hormon dan bagi yang tidak cocok dapat mengakibatkan terganggunya keseimbangan hormon.

Pengetahuan yang baik akan seputar penyakit ini dapat memunculkan harapan positif bagi yang mengalaminya, karena walaupun termasuk jenis tumor, tetapi termasuk jenis tumor jinak yang dengan perlakuan yang tepat dan konsisten dapat mengobati penyakit tersebut.

Disamping itu banyak alternatif solusi penyembuhan yang bisa digunakan, dan disarankan secara komplementer, karena penyembuhan yang baik tidak berdiri sendiri.

Bagi seseorang yang tidak mengalami kista dapat melakukan beberapa hal yang dapat menengah terjadinya kista terutama gaya hidup yang sehat. Rajinlah berolah raga secara teratur, hindari makanan yang mengandung lemak tinggi, serta konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung antioksidan tinggi.

Dimana antioksidan dapat menangkal radikal bebas dari polusi debu dan udara yang menjadi salah satu penyebab penyakit kista. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati?

BACA:  Penyakit Batu Empedu dan Cara Pengobatannya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */