Penyebab Penyakit Liver dan Pencegahannya dan Pengobatannya

Salah satu organ penting yang dimiliki oleh manusia adalah hati. Organ yang satu ini berperan penting dalam melakukan berapa proses yang membantu proses metabolisme tubuh kita. Fungsi hati sendiri ada empat yaitu mengubah betakaroten menjadi vitamin A, menyimpan glikogen, merombak sel sel darah merah yang mati dan penetralan racun.

Sayangnya fungsi organ hati juga dapat mengalami gangguan bahkan kerusakan akibat dari berbagai faktor.Jika gangguan ini tidak segara diatasi oleh pengobatan yang tepat maka penyakit hati tersebut dapat berkembang menjadi penyakit liver. Penyebab penyakit liver sendiri banyak ragamnya.

Penyebab Penyakit Liver dan Pengobatannya

penyebab-penyakit-liver-pengobatannya-pencegahannyaBerikut akan dijelaskan penyebab penyakit liver dan pengobatannya. Penyebab penyakit yang satu ini ada beberapa. Pertama, penyakit ini disebabkan oleh infeksi kronis pada penderita hepatitis yang sudah berkelanjutan. Kedua, para peminum alkohol dan obat-obatan terlarang juga beresiko tinggi terkena penyakit liver. Selain itu mengkonsumsi obat medis secara sembarangan tanpa adanya resep atau anjuran dokter dapat meningkatkan resiko kerusakan pada organ hati.

Semua faktor penyebab di atas jika tidak memperoleh pengobatan akan menimbulkan gejala yang disebut sirosis hati. Sel-sel hati akan mengalami peradangan bahkan kematian sel akibat dari penyebab di atas. Jika fungsi hati sudah mulai menurun maka berbagai macam aktivitas yang bergantung pada organ hati akan terganggu. Pengobatan medis yang dilakukan untuk pasien pada tahap awal umumnya adalah mengatasi penyebabnya.

Jika penyebab penyakit liver tersebut karena masalah infeksi maka pemberian obat untuk mengatasi infeksi akan membantu menghambat proses kerusakan hati. Menghentikan konsumsi alkohol dan mengurangi asupan garam juga dapat membantu menyelamatkan fungsi organ hati anda. Jika organ hati sudah mengalami disfungsi yang cukup kronis maka perlu dilakukan tindakan medis lanjutan untuk mengatasi masalah tersebut. Operasi dapat dilakukan dengan dua metode. Yang pertama yaitu dengan memotong bagian hati yang mengalami kerusakan agar tidak semakin menyebar ke bagian organ yang sehat. Kedua adalah dengan melakukan transplantasi hati dari pendonor.

BACA:  Cara Menyembuhkan Batuk Kering dengan Tips Sehat

Penyebab Penyakit Liver dan Pencegahannya

Penyebab penyakit liver dan pencegahannya akan dibahas lebih lanjut di sini. Jika anda sudah mengetahui penyebabnya dan berbagai macam resiko yang harus diambil jika menderita penyakit liver maka sebaiknya anda lebih memahami dan menerapkan cara mencegahnya agar anda dan keluarga terhindar dari penyakit yang mematikan ini. Sebaiknya anda hindari rokok, minuman beralkohol dan mengkonsumsi obat-obatan sembarangan agar terhindar dari berbagai gangguan hati akibat toksin atau racun yang berasal dari bahan kimia di atas.

Selanjutnya anda juga tidak boleh sembarangan jajan di pinggir jalan karena virus hepatotis bisa menjangkit nada yang mungkin sedang berdaya tahan tubuh lemah. Lakukan aksi hepatitis A dan B saat balita pada anak untuk menghindari infeksi di kemudian hari. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap berbagai macam organ vital tubuh kita secara rutin minimal dua tahun sekali. Jangan remehkan penyakit yang satu ini karena jika telat diatasi maka akan menjadi penyakit yang bisa merenggut nyawa anda dan keluarga.

Nah, sekarang anda sudah lebih memahami tentang penyebab penyakit liver yang sungguh berjaya jika tidak mendapat penanganan medis yang tepat dan sedini mungkin. Pergilah ke dokter jika anda mendapati diri anda maupun keluarga yang mengalami gejala gejala yang mengarah ke penyakit liver semisal demam dan pembengkakan pada area perut agar tak terlambat.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. Biyanka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */