Penyebab Penyakit Lupus Menular dan Cara Pengobatannya

Saya yakin anda sudah sering mendengar dengan kata penyakit lupus. Penyakit lupus merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang kronis pada bagian sendi, ginjal, kulit, saraf dan bagian tubuh lainnya. penyakit ini biasanya akan menyebabkan bercak merah pada kulit yang berbentuk seperti kupu-kupu.

Menurut beberapa ahli penyakit lupus merupakan kebalikan dari penyakit hiv aids. Jika hiv aids tubuh kekurangan antibody sedangkan pada penyakit lupus tubuh lebih banyak memproduksi antibody. Sehingga antibody tersebut malah menyerang organ tubuh lainnya. Penyebab penyakit lupus antara lain karena efek sinar matahari, infeksi oleh obat dan lain sebagainya.

Penyebab Penyakit Lupus Menular dan Pengobatannya

penyebab-penyakit-lupus-pengobatannya

Penyakit lupus terjadi karena antibody atau system kekebalan tubuh yang terlalu kuat sehingga menyerang jaringan tubuh lainnya. hal ini dikarenakan pengaruh lingkungan dan juga rekombinasi genetika pada tubuh. Penyakit lupus juga bisa disebabkan karena keturunan. Sinar matahari juga dapat mengakibatkan penyakit lupus terutama pada orang yang sudah rentan.

Ini akan memberikan respon internal pada tubuh. Lupus juga bisa terjadi karena pengaruh obat seperti obat kejang, antibiotic dan lain sebagianya. Jika berhenti meminum obat, terkadang penyakit lupusnya berhenti. Itulah beberapa penyebab penyakit lupus menular. Melihat penjelasan ini anda harus memahami jika meminum obat sembarangan sangat berbahaya.

Ciri Penyakit Lupus

Ada beberapa ciri penyakit lupus yang harus anda ketahui, antara lain. Butterfly rush yaitu bercak merah yang membentuk seperti kupu-kupu yaitu pada bagian hidung dan juga antara kedua pipi. Selain itu juga ada bercak merah yang berbentuk seperti cakram yang akan semakin jelas pada bagian tepinya.

Ini biasanya terjadi pada bagian leher, kaki, tangan dan masih banyak lainnya. Jika dibiarkan akan mengakibatkan penyakit lupus jenis lupus discoid. Selain itu penyakit lupus juga bersifat photosintetik. Jika terkena paparan sinar matahari bercak merah atau rumah tersebut akan semakin menjadi parah.

BACA:  Penyakit Pada Hati dan Penyebabnya dan Cara Pencegahannya

Ciri penyakit lupus yang selanjutnya adalah oral ulcers. Oral ulcers adalah timbulnya sariawan yang berlebih pada bagian mulut dan ini akan terus hilang kemudian muncul lagi. Selain itu juga akan mengakibatkan radang sendi yang timbul warna merah, bengkak dan juga rasa nyeri yang amat sakit. Gangguan pada fungsi ginjal dan juga gangguan pada saraf tubuh. Sehingga banyak orang yang terkena penyakit lupus akan linglung, gangguan penglihatan dan lain sebagainya.

Gejala-gejala tersebut tidak langsung muncul secara bersamaan. Setiap orang juga mengalami gejala yang berbeda-beda. Penyebab penyakit lupus dan pengobatannya bisa dengan melakukan pengobatan secara rutin dengan resep dokter. Karena penyakit lupus merupakan jenis penyakit jangka panjang dan harus diobati secara rutin. Masih jarang obat alami yang dapat menyembuhkan lupus. Mungkin tidak menyembuhkan tetapi sedikit menghilangkan ruam akibat penyakit lupus.

Anda bisa mencegah penyakit lupus dengan cara menghindari sinar matahari langsung, menjaga daya tahan tubuh dengan cara makan makanan yang bergizi dan juga olahraga secara teratur. Mengontrol emosi dengan baik supaya tidak stress, hindari minum obat-obatan yang berlebihan dan juga bekerja sesuai prosinya. Jika penyakit ini dibiarkan begitu saja akan berdampak lebih banyak. Seperti menuruhnya berat badan, bengkak pada wajah, rambut rontok, osteoporosis dan masih banyak lainnya. Itulah beberapa penyebab penyakit lupus yang harus anda ketahui. Semoga dapat memberikan sedikit informasi untuk anda.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */