3 Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan yang Dianjurkan

Saat-saat hamil merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Saat hamil, ibu hamil harus memperhatikan berbagai macam hal mulai dari makanan hingga posisi tidur. Ibu hamil memang harus memperhatikan berbagai macam asupan nutrisi sehingga bayi yang ada di kandungannya sehat. Saat tidur pun, posisi tidur ibu hamil 5 bulan harus dalam keadaan yang baik dan benar sehingga mengurangi keluhan saat mengandung. Posisi tidur yang baik dan benar bisa membuat bayi merasa aman dan tenang. Terlebih lagi pada saat memasuki trisemester, ibu akan cukup kerepotan dalam menentukan posisi tidur saat hamil. Pada usia kandungan menginjak 5 bulan, perut ibu hamil akan semakin membesar, sehingga harus selalu memperhatikan posisi-posisi yang nyaman. Dengan keadaan perut yang semakin membesar membuat posisi saat hamil akan dirasa sulit. Karena belum terbiasa dengan kondisi tersebut.

Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan yang Nyaman

Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan yang Dianjurkan

Bagian perut yang makin membesar selain membuat susah saat menentukan posisi tidur bagi ibu hamil 5 bulan juga dapat menimbukan berbagai macam keluhan saat hamil. Seperti pada saat dirasakan di awal kehamilan, badan ibu saat hamil akan merasakan pegal-pegal. Sehingga baik untuk beraktivitas hingga tidurpun kurang nyaman. Pada umur kehamilan 5 bulan, ibu hamil muda juga akan merasakan berbagai macam keluhan lainnya seperti pusing, pembengkakan pada kaki hingga mudah lelah. Lalu, bagaimana cara mengatasi keluhan tersebut? Yaitu dengan tetap mengatur posisi tidur saat hamil dengan nyaman. Sehingga ibu hamil dapat beristirahat dengan nyaman. Berikut ini adalah posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 5 bulan.

  • Posisi Tidur Miring

Posisi tidur miring merupakan posisi tidur ibu hamil 5 bulan ke atas yang paling bagus. Karena posisi ini berada pada posisi yang paling nyaman. Sehingga ibu hamil bisa merasa pulas saat tidur. Posisi yang baik saat tidur miring yaitu menghadap ke kiri maupun kanan. Posisi tidur miring menghadap kekiri merupakan posisi yang dianjurkan bagi ibu hamil. Tak hanya dianjurkan dari segi kedokteran saja, pada agama Islam, Rasulullah SAW menganjurkan untuk menghadap ke kanan bisa dilakukan agar jantung tidak tertekan. Posisi tidur menghadap ke kiri dapat memperlancar aliran darah. Posisi tidur miring dapat dikatakan sebagai posisi tidur terbaik ibu hamil 5 bulan. Pasalnya, pada posisi miring ke kiri, pasokan oksigen akan lebih banyak kedalam tubuh sehingga membuat aliran darah semakin lancar. Dengan pasokan oksigen yang baik dan aliran darah yang lancar, maka nutrisi yang diberikan kepada bayi akan lebih lancar pula. Hal tersebut dikarenakan letak vena cava yang berada di kanan tidak tertekan saat tidur. Sehingga posisi ini menjadi posisi yang paling baik untuk ibu hamil. Posisi miring ke kiri juga sangat bagus untuk janin. Perkembangan janin menjadi lebih baik. Pada saat ibu tidur dengan posisi miring ke kiri, banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh. Posisi tidur ini juga bermanfaat untuk melancarkan fungsi ginjal.

  • Posisi Kaki Lebih Tinggi
BACA:  Obat Sariawan Untuk Balita Alami Tanpa Efek Samping

Ada banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil dalam memilih posisi tidur yang baik. Posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang selanjutnya yaitu memposisikan kaki lebih tinggi dari badan. Posisi tidur ini juga menjadi posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang baik. Karena dengan meninggikan posisi kaki, maka dapat memperlancar aliran darah menuju jantung. Terutama pada posisi kaki hingga jantung. Pada saat kehamilan berumur 5 bulan, akan terjadi beberapa keluhan yang telah disinggung diatas. Salah satunya yaitu dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki. Sehingga untuk menghindari pembengkakan pada kaki, Anda bisa melakukan posisi ini. Cara meninggikan kaki bisa dilakukan dengan meletakkan bantal pada bagian kaki. Bantal tersebut berfungsi untuk mengganjal bagian kaki sehingga aliran darah balik akan lancar menuju jantung. Pembengkakan pada kaki ini sering terjadi pada ibu hamil. Pembengkakan ini terjadi Karena letak kaki yang jauh dengan jantung sehingga aliran darah pada kaki terhambat. Diiringi dengan perkembangan perut yang semakin membesar membuat kaki yang digunakan untuk menopang tubuh akan semakin berat. Selain itu, posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang benar dengan meninggikan posisi kaki bisa memperlancar aliran darah ke otak sehingga keluhan ibu hamil lainnya seperti pusing dan mudah lelah bisa teratasi.

  • Posisi Tidur Bersandar

Pada masa kehamilan, ibu hamil tentu akan merasakan mudah lelah dan capek sehingga harus sering-sering beristirahat. Posisi tidur ibu hamil bersandar merupakan posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang baik lainnya. Karena pada saat ibu hamil merasakan lelah, bisa langsung beristirahat sembari bersandar. Posisi untuk ibu hamil 5 bulan ini dapat dilakukan dnegan cara menaruh bantal untuk menopang belakang kepala, bagian leher serta pada bagian punggung. Posisi ini sangat cocok untuk beristirahat. Karena posisi ini merupakan posisi yang paling nyaman. Posisi ini bisa dilakukan untuk bersantai saat di tempat tidur maupun di ruangan lainnya. Anda juga bisa menggunakan sofa yang empuk saat beristirahat.

BACA:  Obat Flu Untuk Ibu Hamil Yang Aman Digunakan

Posisi tidur nyaman ibu hamil 5 bulan dengan cara tidur bersandar sangat baik dilakukan. Karena posisi ini selain dapat memperlancar aliran darah jantung sehingga ibu dan janin merasa nyaman, juga membuat pernapasan tidak terganggu. Tak jarang ibu hamil kurang merasa nyaman saat tidur dengan posisi miring terlebih lagi saat memiliki bayi kembar. Ibu hamil dengan bayi kembar memiliki kesulitan dalam mengatur posisi tidur. Sehingga posisi tidur ibu hamil kembar 5 bulan bisa dengan cara bersandar. Karena menopang badan dan membuat badan tidak mudah lelah.

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil memang harus sangat diperhatikan. Selain untuk kesehatan ibu dan janin, perkembangan janin juga semakin baik. Selain memperhatikan beberapa posisi tidur ibu hamil 5-6 bulan diatas, ada pula beberapa posisi yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Salah satunya yaitu posisi terlentang. Posisi terlentang merupakan posisi yang kurang baik untuk ibu hamil. Sehingga harus di hindari. Posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang tidak dianjurkan ini bisa menyebabkan permasalahan yang cukup serius baik untuk si ibu maupun untuk janin. Pada posisi tidur terlentang, paru-paru akan menjadi sempit sehingga menyebabkan sesak napas. Kondisi ini tentu tidak baik untuk ibu dan janin.

Selain itu, posisi tidur ibu hamil 8 bulan yang sangat tidak dianjurkan yaitu posisi tengkurap. Pada saat kehamilan berumur 8 bulan maka perut akan semakin besar. Selain posisi ini sangat tidak nyaman, posisi tengkurap juga bisa mengakibatkan rahim menekan hati sehingga sangat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Dengan selalu memperhatikan posisi tidur terbaik ibu hamil 5 bulan maka kesehatan ibu hamilpun akan selalu terjaga. Begitu pula perkembangan si janin. Pastikan Anda selalu memperhatikan posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang dianjurkan. Karena banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari hal tersebut.

BACA:  Posisi Tidur Ibu Hamil 8 Bulan Dan Tips Menjelang Kelahiran

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */