Posisi Tidur Ibu Hamil 6 Bulan yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan!

Kehamilan menjadi suatu anugerah yang sangat luar biasa yang diberikan oleh Tuhan karena memberikan kesempatan untuk bisa memiliki keturunan. Moment kehamilan memang dirasa cukup berat bagi wanita karena harus menanggung rasa sakit dan sederet penderitaan. Namun hal itulah yang menjadikan seorang wanita menjadi lebih sabar, kuat dan tawakal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pada saat kehamilan bulan-bulan pertama, gejala kehamilan belum begitu terasa, namun ketika sudah menginjak usia kehamilan cukup tua, ibu hamil akan mulai merasakan beberapa kesulitan, misalnya saja kesulitan tidur karena harus menjaga posisi perut yang baik agar janin juga dalam keadaan yang baik pula. Untuk posisi tidur ibu yang sudah menginjak hamil tua itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Nah, pada kesempatan kali ini akan memberikan berbagai informasi seputar posisi tidur ibu hamil 6 bulan yang harus sangat diperhatikan dengan baik.

Ketika ibu sudah menginjak usia kehamilan 6 bulan itu merupakan masa yang begitu penting dan harus diperhatikan secara khusus. Mengapa? Karena perkembangan janin pada usia bulan keenam itu cukup krusial dan perutpun sudah mulai membesar. Seiring dengan membesarnya perut ibu, untuk melakukan berbagai hal itu memang cukup sulit bukan? Bahkan tidurpun sudah mulai sulit karena harus menjaga posisi tidur yang tepat. Posisi tidur untuk ibu hamil 6 bulan harus mendapat perhatian yang lebih ekstra, mengapa? Karena secara fisik janin sedang mengalami pertumbuh serta perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini menjadikan perut ibu hamil sudah mulai membesar.

Posisi Tidur Ibu Hamil 6 Bulan yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan!

Dengan kondisi perut ibu hamil yang mulai membesar ini tentu saja sangat menyulitkan bahkan ketika ibu ingin beristirahat sekalipun. Posisi tidur ibu hamil 6 bulan keatas sudah mulai harus diubah agar janin dalam kandungan bisa tumbuh denga baik pula. Nah,berikut ini merupakan beberapa posisi tidur ibu hamil yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan khususnya ketika mulai menginjak usia kehamilan 6 bulan, yaitu:

  • Posisi Tidur Terlentang
BACA:  Obat Batuk Herbal Untuk Bayi Aman Dikonsumsi

Posisi tidur telentang menjadi Posisi tidur bagi ibu hamil 6 bulan yang sudah mulai harus dikurangi. Mengapa? Karena pada usia kehamilan 6 bulan itu beban atau berat perut sudah bertambah. Selain itu, ketika beban perut semakin berat, maka organ tubuh sang ibu seperti usus dan tulang belakang sudah tak bisa menopang berat perut. Untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan, maka lebih baik untuk mulai berhenti tidur dengan posisi terlentang. Jika tidur dalam posisi terlentang ketika menginjak usia kehamilan yang cukup tua ini juga mengakibatkan sakit pada tulang belakang, pencernaan yang tidak lancar dan sangat rentan terkena resiko penyakit wasir. Perlu diketahui, dengan berat janin yang tumbuh dan makin membesar akan menekan usus. Selain itu ketika perut ibu makin membesar, peredaran darah makin tidak lancar, sehingga pada tahapan usia 6 bulan ini sang ibu juga akan merasakan lebih sering pusing dan lemas.

  • Posisi Tidur Saat Hamil dengan Miring Atau Menyamping

Posisi tidur ibu hamil usia 6 bulan dengan cara miring ataupun menyamping ini merupakan posisi tidur yang paling dianjurkan. Selain dianjurkan, posisi tidur ibu hamil 6 bulan yang satu ini menjadi posisi yang juga sangat nyaman. Dengan posisi tidur meyamping ataupun miring ini, ibu tak terlalu menahan berat janin yang makin membesar. Selain itu, peredaran darah ibu tetap lancar, usus, serta system pencernaan bisa bekerja secara normal tanpa tertimpa janin yang berat. Dengan posisi tidur menyamping inipun, ibu tak akan merasakan sakit tulang belakang.

  • Posisi Tidur Saat Ibu Hamil dengan Bersandar

Selanjutnya adalah posisi tidur dengan bersandar. Tak bisa dipungkiri lagi jika ibu akan bosan dengan posisi tidur menyamping dan ingin berganti posisi tidur. Posisi tidur ibu hamil 5-6 bulan dengan cara bersandar menjadi alternative terakhir yang bisa dilakukan. Posisi tidur yang satu ini akan membantu ibu mendapatkan posisi tidur yang berbeda ketika sudah sangat jenuh tidur dengan posisi miring. Namun biasanya tidur dengan posisi yang satu ini akan memberikan efek yang kurang mengenakan, biasanya kaki akan kesemutan dan lagi-lagi tulang punggung akan terasa sakit.

BACA:  Obat Flu Untuk Bayi yang Tradisional Alami

Banyak dokter yang merekomendasikan Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 6 bulan yang paling aman adalah dengan cara menyamping ke kiri. Mengapa? Karena posisi tidur paling nyaman itu ketika bada benar-benar dalam posisi direbahkan. Posisi ini juga akan memberikan kenyamanan lebih khsusunya pada ibu yang mengandung bayi kembar dalam perutnya. Bayi kembar akan menjadikan bobot perut makin berat sehingga Posisi tidur ibu hamil kembar 6 bulan paling baik yaitu dengan cara miring tau menyamping. Ketika sudah beranjak pada kehamilan usia tua ini memang hal yang begitu berat, pasalnya janin mulai membesar sehingga perut akan terasa sangat berat. Namun jangan sampai hal ini menjadikan ibu menjadi stress, karena akan berakibat buruk juga bagi kesehatan bayi. Nikmatilah proses kehamilan ini dengan senang demi menantikan kelahiran janin dengan normal.

Untuk menjadikan tidur ibu hamil 6 bulan keatas makin nyaman, ada sedikit trips and tricks yang bisa dilakukan. Nah, berikut ini merupakan rahasia Posisi tidur untuk ibu hamil 6 bulan agar lebih nyaman dan ibu hamil pun bisa beristirahat serta tidur dengan pulas.

Ketika ibu hamil tidur dalam posisi miring ke samping, untuk memberikan kenyamanan bagi posisi tidur ibu hamil 6 bulan pada perut, bisa dengan meletakkan bantal kecil atau bantalan tipis pada bagian perut. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan posisi perut ibu hamil yang mulai membesar dan juga menjaga janin dalam keadaan yang baik. Terlebih lagi ketika ibu hamil bayi kembar, tentu bobot perut juga akan makin berat bukan? Maka dari itu penggunaan bantalan pada bagian perut bayi ini akan memberikan manfaat yang begitu besar dan menjadikan ibu lebih nyaman.

  • Ketika tidur dalam posisi miring, ibu dapat menekuk lutut kaki yang bisa menjadikan tidur lebih nyaman serta pulas.
  • Bisa juga dengan menyelipkan guling di atara kedua kaki untuk memberikan sensasi nyaman saat tidur, tentu saja hal ini relative karena tak semua orang itu bisa tidur nyaman dengan guling.
  • Untuk bagian punggung, ibu bisa mengganjalkan punggung dengan menggunakan bantal yang cukup tebal. Tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan tidur serta menjaga tulang punggung dalam keadaan lebih relaks.
BACA:  Obat Sariawan Untuk Balita Alami Tanpa Efek Samping

Itulah informasi seputar posisi tidur ibu hamil 6 bulan yang paling tepat yang bisa dilakukan. Dengan posisi tidur yang nyaman, maka ibu dapat merasakan relaks dan kesehatan janin dalam kandungan juga bisa terjaga dengan baik. Untuk berbagai informasi seputar posisi tidur ibu hamil, baca juga artikel terkait posisi tidur ibu hamil 5 bulan dan juga posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Semoga dapat memberikan banyak manfaat.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */