Posisi Tidur Ibu Hamil 8 Bulan Dan Tips Menjelang Kelahiran

Masa kehamilan adalah proses yang istimewa dan tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata bagi setiap ibu dan calon ibu. Masa ini membutuhkan banyak perjuangan dan pengorbanan yang tidak sedikit, juga tidak sebentar. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, dari hal terkecil, sampai terbesar. Seperti posisi tidur ibu hamil 8 bulan atau juga dalam tingkatan waktu lainnya. Walau sekilas terlihat bukan menjadi masalah, posisi tidur sangat penting untuk diperhatikan oleh para ibu yang sedang hamil. Sebab, setiap posisi akan mempengaruhi kondisi bayi dalam kandungan. Lalu, sebenarnya bagaimana posisi tidur ibu hamil 8 9 bulan yang dianjurkan sebagai usia kehamilan di puncaknya? Dan apa saja yang harus dilakukan agar nantinya kelahiran berjalan lancar? Mari kita ulas bersama.

Ibu Hamil Sering Merasa Serba Salah Untuk Menentukan Posisi Tidur

Posisi Tidur Ibu Hamil 8 Bulan

Tidur adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan setiap hari. Apa lagi bagi para ibu hamil yang istilahnya, ‘membawa dua tubuh saat tidur’. Bukan hanya karena posisi yang tepat demi mendapat kenyamanan dan keamanan, mengatur posisi tidur juga berfungsi agar perkembangan janin tidak terganggu. Sebagai ibu hamil, pastinya ingin memberi yang terbaik untuk kandungan, untuk janin, dan untuk calon bayi. Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya tentang posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 8 bulan di mana mendekati waktunya melahirkan. Ukuran tubuh sang ibu akan kian besar, begitu juga dengan ukuran bayi dalam perut. Ibu akan merasa serba salah, posisi ini salah, posisi itu salah.

Menurut para dokter, posisi terbaik bagi ibu yang sedang hamil usia 8 bulan atau setelah melewati usia 5 bulan ialah untuk tidur menyamping ke kiri. Mengapa? Karena hal membantu memperlancar sirkulasi darah. Sirkulasi darah ini ialah sirkulasi yang menuju jantung, ginjal, rahim, dan janin. Selain karena alasan memperlancar sirkulasi darah, tidur menyamping ke arah kiri juga dinilai baik untuk ibu hamil karena pada posisi ini tekanan terhadap perut lebih sedikit, di mana lebih sedikit pula tekanan pada bagian perut terhadap hati. Posisi tidur yg baik untuk ibu hamil 8 bulanke samping kiri juga berfungsi agar mengurangi pembengkakan terhadap organ tubuh yang kerap dialami para ibu hamil. Pada posisi tidur ibu hamil 8 bulan yang salah rentan menyebabkan kurang maksimalnya proses cairan dan zat sisa dari tubuh.

  • Telengtang Ada Posisi Yang Salah
BACA:  Obat Batuk Tradisional Untuk Ibu Hamil yang Aman

Mungkin ada dari Anda yang berpikir bahwa tidur telentang bagi para ibu hamil baik-baik saja karena berarti membuat perut terbebas dari tekanan. Padahal, hal tersebut sangat salah dan harus dihindari. Mengapa? Karena tekanan terhadap pembuluh darah utama serta vena cava inferior dapat mengalami peningkatan. Inilah penyebab mengapa ibu hamil mengalami gangguan terhadap proses peredaran darah dalam tubuhnya. Posisi tidur untuk ibu hamil 8 bulan dengan posisi telentang dapat memicu vena cava inferior tertekan berlebihan sehingga menimbulkan masalah edema.

  • Gunakan Perlengkapan Tidur Nyaman Seperti Bantal

Bagi Anda yang memikirkan mengenai posisi tidur ibu hamil 8 bulan dan sering mengalami sesak napas, gunakan perlengkapan tidur yang membuat nyaman seperti bantal sebagai ganjal pada bagian punggung. Atau tepatnya untuk menaikan daerah dada. Kemudian bila Anda mengalami rasa nyeri pada bagian uluh hati, taruh bantal berukuran sedang dibagian bahu dan kepala. Buatlah bagian atas tubuh lebih tinggi dari perut. Ibu hamil dapat tidur sambil setengah terduduk bila memang merasa posisi ini paling nyaman. Begitu juga bila ingin tidur menyamping dan agar posisi tetap menyamping, ganjal bagian tubuh belakang agar tidak tidur menjadi telentang. Posisi tidur ibu hamil 8 bulan yang baik dapat disesuaikan dengan kondisi Anda sendiri.

Gangguan Yang Datang Saat Tidur Pada Ibu Hamil

Bukan hanya merasa serba salah menentukan posisi tidur, para ibu hamil yang telah masuk usia trimester ketiga juga sering mengalami gangguan-gangguan saat tidur. Ini membuat kegiatan tidur terasa kurang maksimal dan menimbulkan rasa lelah berlebih. Gangguan-gangguan tersebut di antaranya terbangun pada malam hari karena sesak napas, bolak-balik buang air kecil, jantung terasa berdebar lebih kencang, kaki mengalami kram, punggung terasa nyeri, dan lain-lain. Menentukan posisi tidur yang baik bagi ibu hamil 8 bulan dengan tepat sebenarnya dapat mengurangi gangguan-gangguan ini, namun agar lebih nyaman lagi, perhatikan poin-poin di bawah ini.

  • Buat Jadwal Tidur Atau Rutinitas Tidur Rapi
BACA:  Manfaat Madu Untuk Anak yang Menyehatkan

Contohnya, tidur maksimal jam 10 malam dan bangun maksimal jam 7 pagi. Jangan dan jangan lebih. Lakukan secara rutin setiap hari.

  • Hindari Melakukan Kegiatan Berat Menjelang Waktu Tidur

Selanjutnya, bukan hanya perlu memperhatikan posisi tidur ibu hamil, tapi juga kegiatan sehari-hari. Hindari melakukan kegiatan yang berat seperti olahraga menjelang waktu tidur. Nantinya Anda malah akan kesulitan tidur.

  • Relaksai

Anda dapat melakukan relaksasi seperti minum susu hangat sebelum tidur atau mendengar musik klasik kesukaan Anda. Hindari mengkonsumsi asupan yang mengandung kafein seperti teh dan kopi.

  • Mengikuti Senam Rutin

Untuk mendukung posisi tidur yang baik ibu hamil 8 bulan dan kenyamanan saat tidur, ikuti kegiatan senam hamil secara rutin. Kegiatan ini mampu meningkatkan kenyamanan saat tidur.

  • Bertindak Cepat Saat Kram

Bila Anda tiba-tiba mengalami kram pada kaki, coba segera lakukan tindakan dengan menyandarkan kaki pada dinding, lalu tekan pelan-pelan sampai kram menghilang.

Nah, itu dia lima poin yang dapat Anda perhatikan agar kegiatan tidur Anda lebih nyaman saat melalui masa kehamilan. Khususnya saat kehamilan di usia trimester ketiga ata pada usia 7 bulan ke atas. Pada intinya, menentukan posisi tidur ibu hamil usia 8 bulan yang tepat adalah dengan menentukan sendiri posisi tidur yang paling nyaman buat Anda sambil memerhatikan hal-hal yang lebih baik dihindari. Agar masa kehamilan berjalan lebih lancar, lengkapi dengan pola hidup yang sehat seperti mengkonsumsi banyak makanan bergizi yang disarankan untuk ibu hamil. Mulai dari buah-buahan sampai sayur-sayuran. Hindari banyak keluar rumah atau menghirup polusi jalanan.

Begitu juga dengan cara berpakaian, hindari memakai pakaian terlalu ketat dan sepatu atau sandal berhak tinggi. Hindari menggunakan make up dan terlalu sering memakai perwatan tubuh yang mengandung bahan kimia. Bagi Anda yang sedang mengandung bayi kembar, posisi tidur ibu hamil kembar 8 bulan juga sama dengan yang mengandung pada usia trimester ketiga umumnya, yaitu tidur menyamping ke arah kiri. Masa kehamilan 8 bulan menjadi masa yang membuat para ibu ingin melakukan terbaik agar saat proses melahirkan berjalan lancar. Itu dia ulasan seputar posisi tidur ibu hamil 8 bulan terbaik, Anda juga bisa baca ulasan tentang posisi tidur ibu hamil 7 bulan dan posisi tidur ibu hamil 6 bulan untuk lebih lengkapnya.

BACA:  Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */