Inilah Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Pada Setiap Usia Kandungan

Masa mengandung atau kehamilan menjadi masa yang banyak dikhawatirkan para wanita atau calon ibu. Pada masa ini lah banyak hal yang harus dilakukan dan harus dihindari. Apa lagi bila Anda baru mengalaminya untuk pertama kali. Hal-hal tersebut berupa asupan sehari-hari, kegiatan yang dilakukan sehari-hari, dan detail kecil yang terkadang dilupakan. Termasuk ketika memikirkan bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil di usia-usia tertentu. Mungkin ada dari Anda yang sedang mencari tahu mengenai posisi tidur untuk ibu hamil, berikut ulasan singkatnya. Dari mulai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda sampai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil menurut Islam atau yang disarankan oleh agama Islam.

Posisi Tidur Bagi Para Ibu Hamil Usia Muda

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Usia mudah di sini adalah usia kehamilan trimester kehamilan yaitu usia kehamilan 1 hingga 3 bulan. Memang sebagian besar wanita baru menyadari kalau sedang mengandung saat kehamilan masuk di usia 2 atau 3 bulan. Banyak gejala hamil muda yang mengganggu kenyamanan para calon ibu. Dari mulai lebih sering buang air kecil, terlalu cepat merasa lelah, sensitif dengan aroma atau bau tertentu, hingga mual dan muntah. Untuk mengatasinya, ada banyak cara termasuk memerhatikan posisi tidur yang paling nyaman agar waktu istirahat lebih maksimal dan metabolisme tubuh tetap terjaga.

Pada trimester awal ini, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 2 bulan dan 3 bulan, para ibu boleh tidur dengan posisi apa pun. Yang terpenting merasa nyaman dan tidur terasa lebih maksimal. Namun, satu posisi yang tidak boleh adalah tengkurap. Karena perut Anda akan tertekan kencang, sehingga janin nantinya ikut tertekan. Sirkulasi darah juga akan terhambat. Meski perut belum besar, tetap And atidak diperbolehkan tengkurap. Anda dapat tidur menyamping dan terlentang. Maksimalkan waktu tidur malam untuk mengurangu gejala hamil muda yang kerap datang saat bangun tidur. Baik untuk hamil muda pada kehamilan tunggal, atau juga hamil muda pada kehamilan kembar.

BACA:  Obat Herbal Penurun Panas Ampuh Untuk Balita

Posisi Tidur Bagi Para Ibu Hamil Trimester Kedua

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil harus terus diperhatikan selama kehamilan. Begitu juga saat masuk usia kehamilan trimester kedua. Masa kehamilan trimester kedua ini adalah masa saat kehamilan masuk pada bulan ke 4, 5, dan 6. Pada masa ini, para ibu biasanya mengalami kelelahan yang berlebih dan mudah merasa sakit kepala yang diakibatkan bertambahnya volume darah. Selain itu Anda juga dapat mengalami kram otot ketika melakukan kegiatan yang lebih berat dari biasanya. Nafsu makan juga dapat meningkat karena perkembangan janin kian meningkat. Terkadang muncul rasa nyeri pada daerah perut seperti bagian bawah perut.

Makanya, waktu tidur malam adalah waktu yang tepat untuk memaksimalkan kegiatan beristirahat. Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 4 bulan dan 5 bulan, serta posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 6 bulan adalah dengan miring ke arah kiri. Hindari tidur dengan posisi terlentang dan tengkurap. Mengapa? Karena posisi tidur yang salah saat trimester ini memicu gangguan kesehatan pada para ibu hamil. Gangguan kesehatan tersebut di antaranya sakit pada bagian pinggang, mengalami gangguan pencernaan, timbulnya penyakit wasir, bahkan dapat memicu menurunnya tekanan darah secara drastis. Tekanan darah yang menurun drastis akan menurunkan daya tahan tubuh, dan beresiko ibu hamil mengalami pingsan.

Posisi Tidur Bagi Para Ibu Hamil Trimester Ketiga

Masa yang disebut rimester ketiga mengacu pada kehamilan di atas usia 6 bulan. Pada masa ini para ibu hamil lebih rentang mengalami gangguan kesehatan yang lebih serius. Tetapi tenang, bila Anda melakukan hal-hal yang dianjurkan dan menghindari hal-hal yang harus dihindari, gangguan tersebut dapat berkurang. Begitu juga dengan mementukan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 7 bulan keatas di mana bentuk dan ukuran perut kian membesar. Gangguan-gangguan yang kerap datang di antaranya punggung terasa berat dan nyeri sehingga tubuh terasa lemas dan lelah, munculnya pembengkakan pada bagian-bagian tubuh tertentu yaitu mata kaki, jari kaki, dan betis, sering sesak napas khususnya setelah melakukan kegiatan tertentu dan saat tidur, asam lambung yang meningkat sehingga membuat panas pada bagian atas perut, serta sering bolak-balik untuk buang air kecil.

BACA:  Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil dan Nutrisinya

Dengan mengikuti posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 8 bulan dan juga posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 9 bulan sesuai anjuran, gangguan-gangguan tersebut dapat berkurang. Posisi tidur tersebut ialah dengan tidur menyamping ke kiri. Anda dapat menggunakan bantal untuk membantu mengganjal bagian belakang tubuh agar tetap tidur menyamping. Anda dilarang tidur telentang dan tengkurap. Bila Anda merasa seka napas atau skait pada bagian uluh hati selama tidur, ganjal dengan bantal pada bagian dada, bahu, dan kepala (tubuh bagian atas).

Intinya, buatlah kegiatan tidur Anda senyaman mungkin dengan menghindari posisi yang harus dihindari atau tidak diperbolehkan. Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dengan menyamping ke kiri sebenarnya agar sirkulasi darah lebih lancar dan mengurangi tekanan terhadap perut. Karena rata-rata gangguang kesehatan yang dialami para ibu hamil dikarenakan sirkulasi darah yang kurang lancar atau terhambat, juga tekanan yang berlebih.

Bagaimana Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Dalam Agama Islam?

Sementara itu menurut pandangan agama Islam, posisi tidur terbaik untuk ibu hamil adalah dengan menyamping ke arah kanan sambil membaca do’a. Hal tersebut hukumnya sunnah sesuai yang disarankan Rasulullah SAW. Lalu ibu hamil diperbolehkan menyamping ke arah kiri bila memang perlu dan ini termasuk dalam menjaga maslahat bagi janin atau bayi. Sebab hal yang dinilai makruh dapat menjadi mubah bila adanya keperluan. Apa lagi bila memang dokter benar-benar menyuruh untuk tidur menyamping ke kiri untuk alasan-alasan yang kuat. Seperti saat menentukan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil tua di mana masuk masa rentan.
Untuk memperlancar masa kehamilan hingga melahirkan, Anda dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Mengikuti senam kehamilan secara rutin.
  • Melakukan pengecekan kandungan rutin dengan dokter yang tepat.
  • Atur pola hidup sehat yang dianjurkan bagi ibu hamil.
  • Rutin interaksi dengan janin dan bayi dalam kandungan.
  • Selalu berpikir posistif, wajib hindari stress.
  • Melakukan kegiatan menyenangkan dan relaksasi.
BACA:  Posisi Tidur Ibu Hamil 6 Bulan yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan!

Itu dia ulasan seputar posisi tidur yang baik untuk ibu hamil di usia-usia tertentu. Masa mengandung dan kehamilan adalah masa yang harus diperhatikan dan dijalani dengan rasa bahagia. Masa mengandung adalah masa persiapan yang harus dipersiapkan secara matang. Agar saat proses kehamilan, lancar dan sesuai harapan. Baca juga ulasan tentang posisi tidur ibu hamil 7 bulan dan posisi tidur ibu hamil 8 bulan untuk menambah informasi.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */