Seluk Beluk Penyakit Hepatitis A Dan Pengobatannya

Siapapun yang mendengar nama hepatitis pasti langsung mengerutkan dahi dan menganggap penderita dari penyakit ini mempunyai penyakit yang sangat serius. Penyakit hepatitis memang merupakan salah satu penyakit serius yang menyerang organ hati dengan berbagai tingkat dan spesifikasinya.

Penyakit hepatitis A adalah sebuah penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A (VHA) yakni sebuah virus RNA yang ditemukan pada kotoran atau tinja, dapat pula disebabkan oleh makanan bukan disebabkan karena kegiatan “hubungan” atau melalui darah. Penyakit hepatitis A merupakan penyakit hati yang paling ringan apabila dibandingkan dengan jenis hepatitis lainnya (B dan C) yang disebabkan oleh kegiatan “hubungan” dan atau melalui darah.

Penyakit pada hati ini biasanya menyerang pada orang yang mempunyai pola hidup yang tidak bersih serta tidak memberikan efek yang serius sampai pada kanker hati. Akan tetapi meskipun begitu penyakit ini juga harus ditangani agar tidak menyebabkan gangguan lain yang lebih serius hingga pada kematian.

Penyakit Hepatitis A dan Pengobatannya

penyakit-hepatitis-a-cara-pengobatannya

Gejala umum yang ditunjukkan oleh penderita penyakit hepatitis adalah demam yang terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung secara terus menerus yang dilanjutkan dengan berkurangnya nafsu makan, rasa mual dan muntah secara terus menerus sehingga menyebabkan badan menjadi lemah, kondisi perut yang tidak enak yang kemudian dalam beberapa hari kedepan menyebabkan selaput mata, kulit serta telapak tangan menjadi kekuning-kuningan.

Untuk mengobati penyakit hati ini ada dua cara yang dapat dilakukan yakni dengan cara medis atau dengan cara tradisional yang alami. Untuk pengobatan secara medis maka anda dapat memeriksakan diri anda atau teman ataupun kerabat anda yang terkena hepatitis A pada dokter untuk diperoleh perawatan medis di rumah sakit serta pemberian vaksin anti virus hepatitis sehingga mampu mengobati penyakit ini sampai tuntas dan bersih.

BACA:  Macam Macam Penyakit Hati dan Penyebabnya

Untuk penyakit hepatitis A dan pengobatannya secara tradisional anda dapat menggunakan ramuan alami yang terbuat dari bahan-bahan alam yang aman. Salah satu bahan alami yang terpercaya untuk mengobati hepatitis adalah temulawak.

Kandungan kunkumin dan xanthoriza yang ada dalam temulawak mempunyai manfaat sebagai antioksidan alami dan hepatotoksik dalam tubuh serta mampu untuk menurunkan kadar lemak darah dan mampu meningkatkan imunitas dalam tubuh sehingga mampu mengurangi penyakit kuning yang disebabkan oleh penyakit hepatitis ini.

Kebiasaan Ringan Mencegah Penyakit Hepatitis

Untuk mencegah penyakit hepatitis A ataupun untuk menghindari terjangkit kembali virus ini maka anda tidak harus selalu menjaga jarak dengan orang yang terkena virus ini akan tetapi anda dapat mencegahnya dengan kebiasaan yang anda lakukan setiap harinya seperti melakukan pola hidup bersih misalnya membersihkan tangan dan kaki menggunakan sabun setelah dari toilet terutama toilet umum, ketika makan ada baiknya menggunakan sendok, garpu atau peralatan makan lainnya sehingga tidak terjadi kontak langsung dari tangan serta tidak menggunakan peralatan makan secara bersama-sama.

Lakukan pemeriksaan secara berkala kepada dokter untuk memastikan kesehatan tubuh anda, anda juga dapat mengikuti vaksin hepatitis selama 3-6 bulan sekali untuk melindungi tubuh anda dari virus penyakit hepatits A penyebab hepatitis tersebut.

Itulah seluk-beluk penyakit hepatitis A mulai dari penyebab hingga pencegahannya. Virus penyebab penyakit ini memang dapat hilang dalam kurun waktu 1-2 bulan akan tetapi bukan berarti tidak harus anda penanganan terhadapnya. Pengobatan terhadap penyakit ini juga perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan hati yang lebih serius.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */