Waspada Penyakit Eksim Kering

Suatu hari, saya merasakan gatal yang amat sangat dikulit saya. Gatal tersebut terasa sangat mengganggu hingga akhirnya saya membeli beberapa obat kulit untuk meredakan rasa gatal tersebut. Pada awalnya, obat kulit berhasil menghilangkan efek gatalnya, tapi hal-hal aneh mulai terjadi.

Di kulit tangan saya, muncul banyak bintik dan beberapa ada yang mengandung air. Melihat hal itu, saya mulai khawatir. Pergilah saya ke rumah sakit terdekat untuk memeriksakan penyakit saya. Di rumah sakit, saya dirujuk ke dokter spesialis kulit. Setelah didiagnosa, dokter memberi tahu bahwa gatal dan lepuhan di kulit saya merupakan gejala penyakit eksim.

Kata dokter tersebut, eksim adalah penyakit peradangan yang terjadi pada kulit pada taraf yang lumayan membahayakan. Penyakit ini dapat menimbulkan kemunculan lepuhan-lepuhan serta gelembung mini yang ketika pecah akan mengeluarkan cairan. Penyakit ini menyerang struktur permukaan kulit kita sehingga permukaan kulit menjadi penuh dengan gelembung dan benjolan.

Tipe-tipe Penyakit Eksim Pada Kulit

penyakit-eksim-kering

Kata dokter, penyakit ini memiliki beberapa jenis. Jenis penyakit yang pertama dinamai dermatitis kontak. Dermatitis kontak sendiri terbagi dalam dua jenis, yaitu dermatitis kontak iritan serta kontak alergenik.

Kontak iritan adalah dermatitis yang terjadi karena efek dari zat iritan atau pembuat uritasi yang membuat rusak permukaan kulit secara kimiawi. Contoh dari eksim kontak ini adalah iritasi akibat deterjen, sabun keras, atau produk lain yang sering digunakan untuk pembersih.

Jenis selanjutnya yaitu dermatitis atopik, eksim numular, dan eksim stasis. Dermatitis atopik ini merupakan dermatitis turunan. Pada penderita jenis ini, biasanya seorang sering terkena demam dan asma. Eksim numular adalah eksim yang terjadi pada kulit kering. Sedangkan eksim statis adalah eksim kronis yang biasanya menyerang bagian dalam kulit yang memiliki hubungan dengan varises.

BACA:  Penyakit Mata Ikan dan Merah serta Glukoma

Selain itu, eksim juga dibedakan menjadi dua lagi. Yang pertama adalah penyakit eksim kering. Eksim kering adalah penyakit yang juga sering timbul di daerah kulit yang kering. Yang kedua adalah penyakit eksim basah atau penyakit eksim yang di cirikan dengan bengkak, kulit tampak merah, pelepuhan, dan adanya air pada kulit kita.

Gejala Penyakit Eksim

Menurut kejadian yang terjadi pada saya sendiri, serta beberapa keterangan yang diberikan dokter, gejala penyakit ini meliputi perasaan dingin serta panas pada bagian-bagian kulit yang telah terkena eksim.

Kemudian, saya sendiri mengalami hal ini, pada malam hari, saya merasakan gatal yang amat sangat pada kulit saya yang membuat saya merasa tidak nyaman sekali. Gejala selanjutnya, yang Alhamdulillah belum saya jumpai, adalah munculnya bintik-bintik serta lepuhan pada kulit. Selain itu, terkadang kulit juga terasa bersisik dan kasar, sehingga memperlihatkan bentuk yang tidak sehat.

Pengobatan Penyakit Eksim

Karena Penyakit Eksim saya belum dikategorikan parah, dokter memberi saran bagi saya untuk membeli obat herbal saja. Obat herbal menjamin efek samping yang rendah. Jika saya ingin melakukan pengobatan sendiri dirumah, dokter menyarankan untuk membuat ramuan dari sirih dan temu mangga.

Cara membuatnya, kedua bahan tersebut diiris dan direbus, kemudian saya harus meminumnya dua kali sehari. Selain itu dokter juga menyarankan untuk memakan makanan yang dapat mencegah penyakit ini. Makanan tersebut adalah yogurt, daun bawang, ikan dan biji-bijian, the chamomile, pisang, atau kentang. Kandungan dalam makanan tersebut dipercaya memiliki kekuatan untuk melawan penyakit ini dengan efektif.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */