Waspadai Penyakit Telinga Luar Dalam dan Berair

Telinga tidak hanya berfungsi sebagai indra pendengaran, tapi juga berfungsi untuk membantu tubuh agar lebih seimbang ketika sedang bergerak. Oleh karena itu sedikit saja terjadi gangguan, maka akan menyebabkan berkurangnya tingkat pendengaran seseorang bahkan terkadang bisa menyebabkan rasa sakit yang disertai dengan rasa pusing dan sakit kepala.

Di dalam telinga ada beberapa bagian yakni telinga dalam, telinga tengah, dan Canal telinga. Semua bagian telinga tersebut memiliki resiko menimbulkan trauma dan infeksi yang dapat menyebabkan kerusakan kecil maupun besar pada telinga itu sendiri. akibat adanya gangguan tersebut dapat menimbulkan berbagai macam penyakit telinga yang akan sangat mengganggu bagi penderitanya.

Penyakit Telinga Berair

penyakit-telinga-luar-dalam-berair

Telinga adalah salah satu bagian dari tubuh yang memiliki fungsi sangat khusus. Selain fungsinya yang khusus, bentuk yang dimiliki juga sangat khusus terkait dengan fungsinya tersebut. Telinga sendiri terdiri dari beberapa bagian dari yang terluar hingga bagian paling dalam.

Pada bagian luar telinga memiliki fungsi sebagai penangkap sinyal suara serta menghantarkan sinyal tersebut ke bagian dalam untuk selanjutnya di kirim hingga ke otak. Oleh karena dengan adanya gangguan sekecil apapun akan mengakibatkan adanya gangguan kemampuan dalam menangkap suara.

Salah satu jenis penyakit telinga yang sering terjadi adalah penyakit telinga berair. Penyakit ini biasanya menyerang pada telinga bagian tengah. Telinga berair atau yang lebih sering disebut dengan curek disebabkan oleh adanya infeksi dan peradangan pada bagian tengah telinga. Biasanya disebabkan karena keseringan membersihkan telinga menggunakan jepitan rambut, peniti, maupun cottonbuds.

Pada kasus yang berbeda dapat juga disebabkan oleh pecahnya gendang telinga karena adanya tekanan yang terdapat pada rongga telinga tengah akibat adanya infeksi. Setelah mengetahui penyebab timbulnya penyakit ini, sebaiknya anda menghindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya penyakit ini.

BACA:  Seluk Beluk Penyakit Kaki Gajah dan Pengobatannya

Penyakit Telinga Dalam dan Luar

Pada umumnya orang-orang mengira jika vertigo merupakan sejenis penyakit kepala, Namun ternyata hal itu salah besar. Vertigo sendiri merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan adanya gangguan ilusi gerakan. Vertigo tergolong dalam jenis penyakit telinga dalam. Vertigo juga dapat disebabkan oleh peradangan di bagian telinga dalam.

Penyakit ini biasanya terjadi secara tiba-tiba bahkan terkadang diikuti dengan hilangnya pendengaran. Penyakit ini lebih sering disebabkan oleh inveksi bakteri atau viral. Selain ditandai dengan adanya ilusi gerakan, penyakit ini juga ditandai dengan mual-mual dan muntah, serta keringat yang berlebihan.

Pada telinga bagian luar terdiri dari daun telinga dan liang telinga. Daun telinga dan lebih dari setengah bagian paling luar telinga dibentuk dari kumpulan tulang rawan elastis dan dibungkus oleh kulit. Seperti telinga dalam, dalam telinga luar juga terdapat beberapa jenis penyakit.

Penyakit telinga luar ini biasanya dialami oleh anak-anak yang tidak sengaja memasukkan benda asing/ mainan ke dalam telinganya. Selain itu ada juga penyakit telinga luar yang disebabkan oleh adanya infeksi staphylococcus aureus yang terdapat dalam folikel-folikel liang telinga. Biasanya akan timbul rasa nyeri yang hebat di telinga ketika daun telinga disentuh atau digerakkan. Liang telinga terlihat merah serta bengkok.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai penyakit telinga yang dapat kami sampaikan. Mengingat fungsi telinga yang sangat penting, sudah semestinya kita menjaganya dengan baik agar tidak terjadi gangguan di dalamnya. Sedikit gangguan yang terjadi bisa menimbulkan berbagai efek yang sangat negatif bagi penderitanya.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */